Home Techno & Sport Technology Tips Mendapatkan Pendanaan Startup: Tiga Jenis Pendanaan Ekuitas

Tips Mendapatkan Pendanaan Startup: Tiga Jenis Pendanaan Ekuitas

311
2

oleh: Jenny Chu

Panduan tingkat tinggi untuk pendiri tahap awal yang sedang mempertimbangkan untuk mendapatkan dana untuk startup mereka dengan imbalan ekuitas.

Fiuh … apakah Anda siap untuk perjalanan ini? Dunia keuangan dapat menjadi sangat kompleks bagi sebagian orang, terutama ketika Anda mencoba mengumpulkan modal untuk startup Anda sendiri untuk pertama kalinya (eep!). Plus, itu benar-benar tidak mudah dan setiap startup akan melakukannya secara berbeda. Namun, saya akan lebih fokus pada jenis pendanaan yang paling sering anda dengar dari beberapa berita: pendanaan ekuitas.

Apa itu Pendanaan Ekuitas?

Pendanaan, dalam konteks startup, adalah ketika seseorang atau organisasi memberi Anda keuangan untuk menumbuhkan atau mengembangkan produk/perusahaan Anda. Investor ekuitas membutuhkan kepemilikan saham jangka panjang dalam suatu usaha dengan imbalan modal.

Ada tiga jenis utama investor yang membutuhkan ekuitas sebagai imbalan: malaikat investor, pemodal ventura, dan mitra strategis. Tapi izinkan saya memulai dengan penjelasan paling mendasar untuk mendanai startup Anda … Yup mendanai sendiri.

Startup Company

Bootstrapping – Mendanai Startup Anda Sendiri

Ini adalah tahap di mana pendiri menginvestasikan uang mereka sendiri ke startup. Bootstrapping (mendanai sendiri startup Anda) sering diremehkan dan kadang-kadang, pendiri dapat memutuskan untuk melewati langkah ini dan hanya menyimpan sebagai ide dan langsung menuju pendanaan pihak lainnya. Tapi bayangkan bagaimana itu terdengar menarik bagi investor potensial lainnya? Jika Anda sendiri tidak mau memasukkan uang dan waktu Anda ke dalam ide/usaha Anda, bagaimana mungkin orang lain?

Bahkan, ada beberapa perusahaan yang tidak pernah menerima pendanaan eksternal dan sangat sukses. Anda mungkin pernah mendengar tentang perusahaan seperti AppSumo dan perusahaan yang didirikan oleh Australia, Envato.

Investor Malaikat (Angel Investor)

Ketika Anda pertama kali memulai, seringkali sulit untuk mendapatkan pendanaan dari pemodal ventura karena berbagai alasan. Kapitalis ventura mencari perusahaan pemula yang akan tumbuh cepat, memberi mereka pengembalian sepuluh kali lipat untuk investasi mereka. Ketika Anda pertama kali memulai startup, mendapatkan dana ini bisa sulit karena ada banyak risiko yang terkait dengan produk atau ide yang kurang berkembang. Itulah sebabnya, biasanya para pendiri beralih ke angel investor untuk mendapatkan investasi.

Angel investor dapat berupa individu atau kelompok individu yang menggunakan uang pribadi mereka untuk membiayai startup, daripada dana yang dikelola secara profesional. Sebagian besar waktu, investor malaikat adalah teman dan keluarga pendiri. Di waktu lain, para pendiri akan menjangkau komunitas mereka untuk mendapatkan investasi. Angel investor sering kali mantan wirausahawan, pemimpin bisnis, atau individu kaya.

Baru-baru ini, ada lonjakan investor malaikat! Situs-situs daring seperti AngelList telah mempermudah pengusaha untuk menjangkau dan mencari investor potensial. Bagi investor, ini juga cara yang jauh lebih efisien untuk bertemu dengan startup yang menjanjikan dan belajar tentang usaha. Jika Anda menonton acara tv “Shark Tank”, Anda akan melihat bahwa juri/investor di acara itu adalah “investor malaikat”!

Keuntungan:

Lebih mudah diperoleh jika Anda sudah memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi dengan teman dan keluarga Anda.

Jika angel investor Anda adalah mantan wirausahawan, mereka akan dapat menawarkan bantuan di luar modal, memberikan keahlian dan jaringan.

Angel investor biasanya berinvestasi tanpa jadwal terstruktur atau kendali atas keputusan perusahaan.

Kekurangan:

-Menangani uang teman dan keluarga Anda dapat menyebabkan ketegangan hubungan keluarga bahkan hubungan pertemanan bisa renggang jika Anda salah mengelola uang tersebut.

-Lebih sedikit modal yang ditawarkan, dibandingkan dengan modal ventura.

Investor malaikat bisa menjadi orang yang sangat kuat untuk mendukung Anda. Namun, jika pengusaha tidak melakukan uji tuntas dengan investor malaikat, mereka mungkin akan terjebak dengan seseorang yang tidak memiliki keahlian untuk membantu anda atau sulit untuk membackup perusahaan Anda.

Kapitalis Ventura (KV)

Perusahaan modal ventura berinvestasi dalam usaha baru menggunakan dana yang diperoleh dari mitra terbatas seperti dana pensiun, dana abadi, dan individu kaya. Perusahaan-perusahaan ini dijalankan oleh investor profesional, sering disebut sebagai kapitalis ventura. Kapitalis ventura fokus berinvestasi pada startup yang diyakini memiliki potensi pertumbuhan jangka panjang, sehingga perusahaan startup tersebut diharapkan dapat memberikan keuntungan sepuluh kali lipat pengembalian investasi investor kapitalis ventura.

Dua perbedaan utama antara investasi malaikat dan modal ventura adalah besarnya investasi dan hak kontrol yang akan dimiliki Kapitalis Ventura di perusahaan portofolio mereka. Investor Malaikat sering berinvestasi di bawah Rp. 10 Milyar, sementara suntikan investasi modal Kapitalis Ventura sering bernilai di atas Rp. 10 Milyar. Hak kontrol ini termasuk memiliki kursi di dewan direksi startup atau dewan komisaris. Skenario kasus terburuknya, Investor Kapitalis Ventura akan memiliki kapasitas untuk menggantikan seorang wirausahawan sebagai CEO jika mereka tidak percaya wirausahawan itu cocok untuk memimpin perusahaan. Skenario kasus terbaik, seorang Kapitalis Ventura yang baik akan melakukan apa saja untuk membantu startup dan dapat menjadi kawan yang sangat kuat untuk mendukung Anda.

Terima kasih kepada Craig Blair dari Airtree Ventures untuk slide ini!

Perusahaan modal ventura terkemuka meliputi: Airtree Ventures, Blackbird Ventures dan Right Click Capital. (Anda mungkin memperhatikan bahwa perusahaan Kapitalis Ventura yang luar biasa ini adalah bagian dari dewan penasihat perusahaan startup besar saat ini)!

Keuntungan:

-Satu-satunya cara untuk mengakses lebih dari 1 juta dalam pendanaan.

-Koneksi: pemodal ventura sangat terhubung! Jika Anda memiliki mereka di pihak Anda, mereka akan menemukan orang yang tepat untuk membantu Anda, jika mereka tidak mampu meng-handle startup anda.

-Keahlian bisnis: banyak pemodal ventura adalah mantan pendiri, sehingga mereka dapat berkontribusi pada startup di luar aktivitas keuangan.

Kekurangan:

Kehilangan kendali: menerima sejumlah besar modal biasanya berarti kehilangan dalam kepemilikan saham. Itulah mengapa sangat penting untuk melakukan uji tuntas Anda sendiri, karena pemodal ventura memiliki kekuatan untuk membuat keputusan di perusahaan Anda.

Investor Strategis

Investor strategis sangat mirip dengan perusahaan modal ventura, dan kadang-kadang disebut sebagai modal ventura perusahaan. Seperti namanya, investasi yang dilakukan oleh investor strategis sering bersifat strategis (seperti mendapatkan akses ke teknologi yang penting bagi inisiatif perusahaan), serta keuangan.

Tidak seperti perusahaan modal ventura, ukuran investasi yang akan didanai investor strategis akan bervariasi. Misalnya, mereka dapat menginvestasikan jumlah uang yang lebih kecil (~ 20rb) ke dalam sesuatu yang lebih eksperimental atau investasinya bisa sangat besar. Seperti yang dapat Anda bayangkan, perusahaan-perusahaan dengan “kantong dalam” cenderung memulai modal ventura mereka sendiri. Itu sebabnya, banyak bank, khususnya di Australia, merupakan sumber modal baru untuk startup.

Investor strategis terkemuka meliputi: NAB Ventures, Reinventure, dan BCG Digital Ventures.

Jenis Pendanaan Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum saya melompat masuk untuk menjawab pertanyaan ini … penting untuk dicatat bahwa saya tidak mencakup hibah pemerintah, kredit pribadi dan pinjaman bank dalam artikel ini.

Kerangka Kerja Keuangan Pengusaha

Oke, jadi Anda seorang pemula dan Anda merasa seperti akhirnya membutuhkan sedikit uang di saku untuk maju. Jika Anda merujuk pada Kerangka Kerja Wirausaha Keuangan di atas, Anda akan dapat melihat kuadran mana dari usaha Anda.

Kiri bawah: Jika Anda adalah bisnis kecil (mis. Bisnis yang berisiko rendah, teruji), pinjaman bank dan kredit pribadi akan mencukupi. Contoh: kafe.

Kiri atas: Jika Anda menggunakan teknologi yang telah terbukti untuk membuat sesuatu (mis. Pengembalian yang kurang berisiko, hampir dijamin), memanfaatkan bank komersial, pembiayaan proyek, dan investor strategis biasanya merupakan pilihan Anda. Contoh: membuat smartphone baru.

Kanan bawah: Jika Anda menggunakan teknologi baru, misalnya startup, itu sering berarti bahwa satu-satunya cara untuk mendapatkan investasi adalah melalui investasi malaikat dan modal ventura. Contoh: Airbnb.

Kanan atas: Jika Anda menggunakan teknologi baru dan produk ini sangat padat modal, sangat sulit untuk mendapatkan pendanaan kecuali melalui dukungan pemerintah, karena sifat risikonya. Contoh: obat baru untuk menyembuhkan penyakit tertentu.

Dengan semua itu gambaran tersebut diatas, bootstrap, terutama untuk siswa/pemula seperti Anda dan saya, mungkin adalah cara terbaik untuk memulai perusahaan startup anda sampai Anda benar-benar membutuhkan uang untuk melangkah mengajak perusahaan besar menjadi pemodal anda.

source: https://medium.com/textbook-ventures/funding-a-startup-the-three-types-of-equity-funding-1a5ab31f1723

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here